FIQIH WANITA

Hukum Memakai Kawat Gigi (Behel) dalam Islam

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Teman-teman ku tercinta, saat ini trend memakai kawat gigi alias behel sangat marak . Sebelumnya saya juga ingin memakai behel dengan niat merapikan gigi agar terlihat lebih indah. Namun ada baiknya sebelum kita bertindak mari kita telaah kembali, hukum memakai behel dalam agama islam. Didalam buku 100 golongan yang dibenci oleh Allah dan Rasulnya, tercantum pada nomor keseratus ialah Wanita yang merapikan giginya demi kecantikan.Wanita yang dimaksud adalah wanita yang meminta direnggangkan giginya yang bertumpuk, dengan menggeser dan dipisahkan antara gigi taring dengan empat gigi mukanya dengan alat perapi gigi(behel) dengan maksud memperindah diri. Ternyata jika kita teliti lagi, kegiatan ini merupakan kegiatan merubah kodrat, yaitu kodrat bentuk tubuh yang sudah diberikan oleh Allah dan itu sangat dibenci oleh Allah.
Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Muslim, Abu dawud, dan lainnya dari Abdullah bin Mas’ud r.a. bahwa iya berkata: “Allah melaksnat para wanita yang mentato dan para wanita yang dibuatkan tato, perempuan yang mencabut bulu pada wajahnya, dan parawanita meminta dirapikan giginya dan para wanita yang merubah-rubah ciptaan Allah.”
Lalu seorang wanita bertanya kepada tentang kebenaran itu, Abdullah menjawab: “Mengapa aku tidak, mengapa aku tidak melaknat orang yang dilaknat oleh Rasulullah SAW padahal disebutkan di dalam kitabullah : “Apapun yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkan lah. Dan bertawakal lah kepada Allah.” (Al-Hasyr:7)

Namun apabila terdapat kotoran pada gigi-giginya yang mengharuskannya mengubahnya, dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran tersebut, atau karena terdapat ketidaknyamanan yang mengharuskannya untuk memperbaikinya dengan tujuan untuk menghilangkan ketidaknyamanan tersebut, maka perbuatan tersebut tidak mengapa, karena hal itu termasuk dalam berobat dan membuang kotoran, yang hanya bisa dilakukan oleh daokter spesialis.

Mengubah gigi untuk tujuan memperindahnya dan untuk menampakkan ketajamannya merupakan perbuatan haram. Namun apabila untuk tujuan pengobatan, maka tidak mengapa. Jika tumbuh gigi pada wanita yang menyusahkannya, maka diperbolehkan untuk mencabutnya karena gigi tersebut merusak pemandangan dan menyulitkannya dalam makan, sedangkan membuang aib (kekurangan) diperbolehkan menurut syari’at. Demikian pula apabila terdapat kelainan yang memerlukan pengobatan, maka diperbolehkan.

[Ziantul Mar’ah, Syaikh Abdullah Al-Fauzan hal. 85]
Kesimpulan :

Syariat telah mengharamkan wanita yang merenggangkan giginy a yang bertumpuk sehingga tampak rata susunannya, karena kerapian ini hasil perbuatan manusia yaitu menipiskan dan sebagainya. Sesungguhnya kita sebagai makhluk ciptaan-Nya tidak boleh merubah sesuatu pun dari apa yang telah diciptakan Allah pada kita. Maksudnya bahwa secara syariat perbuatan ini haram, yang melakukannya terlaknat dan diusir dari rahmat Allah SWT. terkecuali untuk tujuan Pengobatan, Kesehatan dsb. Oleh karena itu, hendaknya mewaspadai agar tidak terjerumus ke dalam dosa yang disebabkan oleh perbuatan semacam ini yang telah dilarang oleh islam. Dan sesungguh nya perbuatan ini termasuk kedalam perbuatan yang sia-sia dan mubazir. Syukurilah apa yang sudah Allah berikan pada kita.

hayooo Sekarang mo pilih yang mana Cantik karena iman atau cantik tapi merubah ciptaan_NYA !!!!!

 

Allah menciptakan sesuatu itu ada maksudnya….
mungkin Allah mempunyai tujuan lain di balik itu…..
di balik kekurangan anda,insya Allah tersimpan sesuatu yang sangat luar biasa yang Allah berikan sebagai ganti dari kekurangan anda….
kenapa anda mesti malu??……
seharusnya antum bersyukur dan bangga karena Allah telah menciptakan anda seperti itu…
jangan pernah berhenti untuk bersyukur walaupun apa yang terjadi…….

Diskusi

51 thoughts on “Hukum Memakai Kawat Gigi (Behel) dalam Islam

  1. boleh kah mengikir gigi karna ….gigi yg d depan sulit untuk menutup mulut hingga mulut terbuka terus

    Posted by jihan putri faisal | 23 Oktober 2014, 14:25
  2. Saya sama dokter disarankan buat membehel gigi saya untuk kesehatan, tapi ada gigi saya yang harus dicopot , itu gimana hukumnya?

    Posted by Nur aini | 20 Agustus 2014, 09:33
  3. Jadi mengerti. Karena kita wajib merawat dan di larang merubah.

    Posted by Anonymous | 22 Juni 2014, 12:06
  4. Assalamualaikum..
    Begini,, gigi depan saya yang dua itu agak renggang. Apa boleh salah pake behel?

    Posted by Dita damayanti | 26 Mei 2014, 18:15
  5. Assalamu’alaikum ustadz saya mau bertanya , kan gigi saya itu agak ke pinggir yang bagian atas , terus gigi taring saya yang 1 bawah lebih tinggi dari pada gigi yang bawah lainnya itu membuat saya tidak nyaman , apakah boleh kalau memotong gigi taring itu lalu merapikan gigi yang di atas ?
    Mohon di balas ya ustadz
    terimakasih

    wassalamu’alaikum

    Posted by Farida S.F | 6 Maret 2014, 14:02
  6. Kenapa haram?? Kan yg d haramkan mengikir gigi,, klo byk yg ledek soal gigi,, membuat org minder gmn tu ??

    Jwb yahh please

    Posted by lya | 25 September 2013, 03:38
  7. Thank u atas pemberitahuan’y..

    Posted by lya | 25 September 2013, 03:27
  8. Assamua’mualaiqum
    . . . Mau tanya ?
    Gigi saya ga rph qlu mkn suqa susah.
    Apa blh enggak ? . . .

    Posted by arda | 15 September 2013, 10:07
  9. Assalamu ‘alaikum wr. wb.
    Jªϑī klo memakai behel yang hanya unk gaya gimana tu ÿ̲̣̣̣̥Ω̶̣̣̥̇̊?

    Posted by emma | 13 September 2013, 09:17
  10. Ohh gtuh yah

    Posted by Anonymous | 8 September 2013, 06:17
  11. kn.gigi.sy.susunannya.jelek.tadz,,,kta.bu.dr.hrus.psana.bgdhel.katanya,,bleh.ga?

    Posted by Anonymous | 14 Agustus 2013, 03:40
  12. assalamu alaikum tad sya mau nnya gigi sya kan yg dpan bolong klo sya pasang gigi palsu dan menggunakan behel gma tuh boleh gG tad??
    tolong di jawab ya
    wassalamu alaikum,

    Posted by Anonymous | 1 Agustus 2013, 11:06
  13. Klo udde terlanjjur dipasang gmn tuh pak ustadd ?d
    Harus dicoppot kah attau gmn ??
    Tolong di bls yahh :)
    Makasii .

    Posted by diian | 29 Juni 2013, 15:48
  14. Tolong dijawab yah ustad, karena jika dilarang z akan melepas behel ini :)

    Posted by Indah | 26 April 2013, 05:20
  15. Disitu kan tertulis kalo terdapat ketidaknyamanan yang mengharuskannya memperbaiki dengan tujuan untuk menghilangkan ketidaknyamanan tsb. Saya kayak gitu, jadi gpp kalo saya pake behel?

    Posted by Indah | 26 April 2013, 05:17
  16. turut prihatin dengan hukum Islam sekarang ini yang dilebih2kan. terutama orang2 pesantren. Apa2 diharamkan seenaknya, rokok haram, bensin haram, mau apa lagi? peganglah Al Quran, jangan berpegang pada ulama yang menuntut uang untuk cap halal saja.

    Posted by sapling | 18 April 2013, 09:05
  17. assalamualaikum, afwan saya mau menambahkan seorang ahli tafsir Abdurrahman al baghdady mengatakan memakai behel itu boleh yang tidak boleh itu mengikir giginya . Hadits diatas diperuntukkan bagi wanita2 yg ingin merenggangkan giginya. Karna jaman dulu itu wanita2 yg memiliki gigi renggang itu dianggap cantik. Jaman sekarang kan memakai behel untuk merapihkan bukan merenggangkan. Tergantung niatnya sih. Wallahualam bisshawab

    Posted by nurul | 8 April 2013, 14:22
  18. ass. saya mau tanya, apa boleh perempuan memakai kutex untuk memperindah kukunya?
    dan apa boleh memakai behel, tapi untuk kesehatan? makasih mohon di jawab yaa..

    Posted by Anonymous | 31 Maret 2013, 09:23
    • setahu sy memakai kutex boleh” aja, yg pentig ga dipake saat beribadah karna udhunya gk masuk. Dan behel untuk kesehatan hukumnya halal, sah. Sesuai sabda allah menciptakan penyakit pasti ada obatnya (kecuali lupa).

      Posted by bniza10 | 11 Juli 2013, 16:12
  19. gigi saya memang tidak rata,saya ingin meratakanya tetapi bukan utk mempercntik diri hanya saja utk meratakan gigi yang tidak seharusnya.apakah tindakan saya ini dilarang oleh agama? atau mmg haram?

    Posted by putri | 9 Februari 2013, 06:00
  20. assalamu’alaikum ustadz,,,,
    saya mau tanya,,, saya mempunyati gigi yg berlubang dan ingin dicabut apa boleh?? dan gigi saya pun ga rata (renggang) apa boleh diratakan?
    mohon dijawab yaa ustadz,,,makasih,,, :)

    Posted by Yuni | 23 Januari 2013, 07:30
  21. assalamialaikum wr.wb
    mau nanya nih, gigi saya kurang rata, tpi saya berniat buat masuk polwan. apakah haram sya menuju ke sana dan bkan untuk kecantikan. tpi untuk cita2. saya harus bagaimana???
    terima ksih. mohon di jawab
    wasalammualaikum wr wb

    Posted by Anonymous | 22 November 2012, 13:36
  22. assalamu’alaikum. saya mau tanya, pada kalimat diataskan disebutkan bahwa, “Ternyata jika kita teliti lagi, kegiatan ini merupakan kegiatan merubah kodrat, yaitu kodrat bentuk tubuh yang sudah diberikan oleh Allah dan itu sangat dibenci oleh Allah.” Apakah jika gigi kita tidak rapih karena ketidaksadaran kita sendiri bagaimana?contoh, ketika kita mengendot botol susu ketika kita masih kecil, karena suka ditarik2 dotnya, maka akan besar kemungkinan gigi kita menjadi agak maju kedepan, itukan salah satu penyebab gigi tidak rapih. jadi ketidak rapihan gigi kita diakibatan oleh kegiatan kita diwaktu kecil. bagaimana dgn yg demikian?kan harusnya gigi kita emang rapih kalo tidak salah dalam ngedot, klo kita merubahnya (merapihkan kembali kepada bentuk yg seharusnya) bagaimana?

    Posted by Anonymous | 10 November 2012, 22:56
  23. Izin Copas ya bwt note :)

    Posted by abz89 | 3 November 2012, 02:35
  24. Assalamualaikum ustaz..
    mw tny..aku punya satu gigi gingsul, trus aku mw cabut gigi aku yg rusak. trus aku mw pasang behel bt ratakan gingusl aku skalian am gigi aku yg ompong. it boleh gak?? makasih
    wassalam..

    Posted by rerhe | 29 Oktober 2012, 13:48
  25. nice info ….
    lanjutkan

    Posted by Anggi Neutron | 13 Oktober 2012, 04:18
  26. karna masuknya jaman modern sekarang kenapa tidak boleh tuhan pun berfirman suka yang indah indah
    kalo boleh di flash back lagi kenapa orang memakaik kendaraan bermototr kenapa orang merokok itu tindakan yang merugikan bagi orang banyak juga tohh
    dan jaman dulu pun tidak ada yang namanya kendaraan, kenapa sekarang orang banyak mempergunakan, disini kendaraan hanya di gunakan sebgai alat saja sama dengan behel tadi,

    sekarang ini sudah jamannya modern walaupun memakai kawat dan tidaknya terserah toh itu tidak merugikan orang lain,
    tuhan maha mengetahui

    Posted by Anonymous | 5 Oktober 2012, 05:50
  27. gigi saya gingsul nih mas.. terus belum masuk kedalam barisan gigi, jadi dia ada di gusi saya.. kira-kira, boleh gak ya saya pake behel? takutnya diharamkan oleh Allah SWT.. tolong dibalas ya :D

    Posted by EXOTIC | 29 September 2012, 16:15
  28. kalo tujuannya untuk kesehatan kenapa nggak..
    coba tanya hasil diskusi antara pak Yai dan dr, atau dr yang pengetahuan agamanya, nggakusah dr gigi itu lebih bagus kayaknya !!!

    Posted by yuyun | 27 September 2012, 02:57
  29. sip. Q pilh wanita yg cantik karena iman kepadma ALLAAH SWT.

    Posted by Anonymous | 19 September 2012, 19:20
  30. Asalamualaikum,,, Gigi atas saya jarang gitu,, apa boleh memakai behel ?? Dan gigi geraham saya sangat menggangu bila mengunyah, ap boleh dcabut??

    Posted by Anonymous | 17 September 2012, 17:12
  31. Assalamu’alaika ustadz,,saya mau bertanya,apakah seseorang boleh merapikan giginya jika giginya tersebut maju???

    Posted by Anonymous | 16 September 2012, 08:27
  32. izin copy yah.. buat tugas … :)

    Posted by irma al-mahbubah | 13 September 2012, 07:53
  33. Assalamualaikum. maaf sebelumnya saya mau tanya , gimana dengan orang yg cita cita nya ingin jadi dokter gigi sedangkan gigi nya sangat tidak rapi ?bolehkah merapikan gigi dgn memakai behel lalu setelah rapi ia copot lagi behel nya ? terimakasih. wassalam

    Posted by melati jelitami | 29 Agustus 2012, 14:17
  34. Assalamualaikum. maaf sebelumnya saya mau tanya , gimana dengan orang yg cita cita nya ingin jadi dokter gigi sedangkan gigi nya sangat tidak rapi ?bolehkah merapikan gigi dgn memakai behel lalu setelah rapi ia copot lagi behel nya ? terimakasih. wassalam

    Posted by Anonymous | 29 Agustus 2012, 14:15
  35. Thanks ya,,, setelah aku baca ini aku jadi tau,,, gak jadi ah,.,, mau pasang behelnya juga, kalau di laknat sama allah mah,,, mending apa adanya aja deh,,, biar dapet ridho dari allah swt,,, amin

    Posted by AmoEyzhalikescooter Mprsnne Ygslalut'aniaya | 13 Agustus 2012, 12:22
  36. Hatur nuhun atos berbagi ilmu,,,,

    Posted by Denny Hk | 27 Mei 2012, 10:37
  37. lbih baik jd diri sndri…

    Posted by dhanty | 21 April 2012, 11:57
  38. assalamualaykum,..
    afwan tad, gigi seri saya renggang tad, sebenarnya tidak terlalu mengganggu,. tapi, saat saya mengajak bicara orang, tidak sedikit dari mereka yang memperhatikan gigi saya, secara otomatis saya juga ikut terganggu tad,.
    bagi saya, jika saya yang seperti ini memasang behel, walaupun diniatkan bukan untuk memperindah, tapi tetap saja itu nanti akan memperindah dengan sendirinya kan tad,. hukumnya apa bagi saya tad??
    jayakallahu khoiron katsiron,..

    Posted by Anonymous | 19 April 2012, 12:03
  39. untung ak belum pake..
    makasih udah kasi tahu..

    Posted by dea | 8 April 2012, 10:33
  40. Pertanyaannya “Kenapa Wanita yang dilakanat mengikir gigi?”
    Laki-laki bagaimana?

    Posted by Sulaiman | 24 Februari 2012, 07:41
  41. أما إزالة الأسنان الزائدة فقال الشيخ ابن جبرين : لا بأس بخلع السن الزائد لأنه يشوه المنظر ويضيق منه الإنسان … ، ولا يجوز التفليج ولا الوشر للنهي عنه .

    Tentang menghilangkan gigi yang ‘berlebih’ Syeikh Ibnu Jibrin mengatakan, “Tidaklah mengapa mencopot gigi yang ‘berlebih’ karena keberadaan gigi tersebut merusak penampilan sehingga orang yang mengalami tidak merasa PD. Namun tidak diperbolehkan mengikir dan meruncingkan gigi karena hal tersebut terlarang”.

    سئل الشيخ صالح الفوزان عن تقويم الأسنان فقال : إذا احتيج إلى هذا كأن يكون في الأسنان تشويه واحتيج إلى إصلاحها فهذا لا بأس به ،

    Syeikh Shalih al Fauzan pernah ditanya tentang hukum meratakan gigi. Jawaban beliau, “Jika ada kebutuhan untuk meratakan gigi semisal susunan gigi nampak jelek sehingga perlu diratakan maka hukumnya tidak mengapa (baca:mubah).

    أما إذا لم يُحتج إلى هذا فهو لا يجوز ، بل جاء النهي عن وشر الأسنان وتفليجها للحسن وجاء الوعيد على ذلك لأن هذا من العبث ومن تغيير خلق الله .

    Namun jika tidak ada kebutuhan untuk mengotak-atik gigi maka mengotak-atik gigi hukumnya tidak boleh. Bahkan terdapat larangan meruncingkan dan mengikir gigi agar nampak indah. Terdapat ancaman keras atas tindakan ini karena hal ini adalah suatu yang sia-sia dan termasuk mengubah ciptaan Allah.
    أما إذا كان هذا لعلاج مثلاً أو لإزالة تشويه أو لحاجة لذلك كأن لا يتمكن الإنسان من الأكل إلا بإصلاح الأسنان وتعديلها فلا بأس بذلك .

    Jadi mengotak-atik gigi dengan tujuan pengobatan, menghilangkan penampilan gigi yang jelek atau ada kebutuhan yang lain semisal seorang itu tidak bisa makan dengan baik kecuali jika susunan gigi diperbaiki dan ditata ulang maka hal tersebut hukumnya tidak mengapa.

    Posted by Insya Allah | 7 Januari 2012, 17:28
  42. yang ingin saya tanyakan apabila shalat memakai kawat gigi apakah diperbolehkan?sementara mengunakan kutex kuku saja dilarang,, dengan memakai kawat gigi maka saat wudhu gigi kita tdk sempurna terkena semuanya..
    mohon masukanya ya.. :) :)

    Posted by aulia rahma | 2 Desember 2011, 07:03
    • kalo khusus untuk masalah ini(berwudu dan sholat) berkumur adalah sunah, sedangkan membasuh tangan(termasuk kuku) hingga(melebihi) siku adalah wajib, jadi tdk boleh ada yg tertutup atau terlewat air, untuk masalah behel sendiri terantung niat dan kasus pemakainya.

      Posted by Yahya Dunia Maya | 10 April 2013, 16:45
  43. apabila gigi saya sangat tidak rata…
    dan saya sering sariawan karena nya…
    mungkin tanpa tidak sengaja tergigit yg kadang membuat saya sakit…
    bahkan hingga berhari hari…
    bolehkah saya merapikan nya dg kawat gigi…

    mohon masukan nya…. :)

    Posted by Anonymous | 20 November 2011, 05:19
  44. Saya punya gigi taring yang menonjol,kadang bisa tergigit ke bibir saya sehingga menyebabkan sariawan,dan saya punya gigi yang susunannya tidak rata,sehingga kalau habis makan,sering sisa makanan saya memempel di gigi saya..seandainya saya mengikir dan merapikan gigi saya memakai kawat gigi,apakah boleh atau di haramkan menurut islam..? Tolong jawabannya ya mas..makasih.

    Posted by Amrullah | 28 Oktober 2011, 11:41
  45. Ijin copy ya

    Posted by Erik | 22 Oktober 2011, 22:07

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Penting Dibaca

Prediksi Kekuatan Militer Negara Khilafah

Jangan Tertipu dengan Kenikmatan Dunia!

Islam Menjawab Segala Problema

%d blogger menyukai ini: