NEWS

Kenaikan Harga BBM Gambaran Buruk Kebijakan Energi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menilai rencana pemerintah untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi merupakan gambaran buruk kebijakan energi di Indonesia saat ini. Ketua Umum KNPI, Akbar Zulfakar, Minggu 16 Juni 2013, menyatakan kenaikan harga BBM bersubsidi adalah kebijakan pemerintah yang tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat. Karena hanya bersifat jangka pendek, untuk mengantisipasi beban dari lonjakan harga minyak dunia. “Harga Minyak sejak 2005 cenderung mengalami kenaikan, seharusnya dapat diantisipasi,” ujar Akbar saat jumpa pers di Jakarta. Di sisi lain, pemerintah dinilai tidak menyiapkan sarana transportasi massal yang memadai. Padahal, jika ini bisa terwujud, konsumsi masyarakat terhadap BBM, khususnya yang bersubsidi, dapat banyak berkurang.

“Kenaikan BBM seharusnya dilakukan ketika ketergantungan masyarakat akan BBM berkurang. Sehingga dampaknya tidak akan terasa pada masyarakat banyak,” kata Akbar.

Oleh karena itu, KNPI akan menolak pengesahan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi. Besok, KNPI akan melakukan terus memberikan dukungan kepada DPR, khususnya fraksi-fraksi yang menolak kebijakan ini.

“KNPI juga akan turun ke jalan bergabung dengan seluruh elemen masyarakat yang rencananya akan melakukan demonstrasi guna menolak kenaikan BBM,” kata Akbar.

Pemerintah dan DPR akan melakukan sidang paripurna besok, Senin 17 Juni 2013, dengan agenda mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013.

Pemerintah dan DPR telah selesai melakukan pembahasan RAPBN-P 2013 mengenai pengurangan anggaran subsidi BBM untuk tahun ini, termasuk mengenai kompensasi kenaikan harga BBM dan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) bagi yang terdampak. Setelah RAPBN-P tersebut disahkan menjadi APBN-P 2013, pemerintah dapat langsung menaikan harga BBM bersubsidi.[mediaumat.com]

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Penting Dibaca

Prediksi Kekuatan Militer Negara Khilafah

Jangan Tertipu dengan Kenikmatan Dunia!

Islam Menjawab Segala Problema

Find Us on Facebook

%d blogger menyukai ini: