NAFSIYAH, TOREHAN TINTA SYABAB FKIM

Kembalilah pada Islam!

12“ Sistem yang Ideal akan melahirkan pemimpin yang ideal. ”

Kalimat singkat inilah yang mewakili perasaan saya akan rindunya sebuah sistem yang telah dijanjikan Allah dan Rasul-Nya, yakni Khilafah. Sistem yang akan melahirkan seorang pemimpin yang mampu membawa ummat menikmati indahnya hidup dalam aturan Allah serta mengantarkan ummat pada limpahan rahmat yang telah dijanjikan Allah.

Akan tetapi, kini ummat malah terlena pada sistem yang jelas tidak akan pernah mampu melahirkan pemimpin yang ideal sekalipun. Apalagi mengantarkan pada rahmat dan ridhonya Allah SWT.

Demokrasi, kini telah merebut hati kaum muslimin sehingga mereka mengira bahwa Demokrasi inilah satu-satunya jalan yang akan mengantarkan pada perubahan. Padahal itu semua hanyalah kedustaan belaka. Justru karena sistem inilah ummat muslim kini terpuruk dan terpojok pada sisi-sisi kehidupan. Sehingga mereka lebih sering menjadi penonton dibanding menjadi pemain.

Demokrasi bisa diartikan sebagai kekuasaan rakyat; pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam demokrasi, kedaulatan dan kekuasaan ada di tangan rakyat, yang kemudiaan diberikan kepada wakil-wakil mereka diparlemen. Pada akhirnya, merekalah yang berdaulat membuat hukum-hukum sesuai dengan keinginan mereka.

Dari sudut pandang akidah Islam, konsep demokrasi telah gagal, rusak dan menyesatkan (kufur) karena demokrasi memberi manusia/rakyat kedaulatan dan hak mutlak untuk membuat hukum. Padahal dalam Islam kedaulatan (hak membuat hukum) berada di tangan Al-Musyari’ yakni Allah SWT. Dengan kata lain, dalam Islam, kedaulatan ada di tangan Syariah (As-Siyadah li Asy-Syar’i).Ketetapan ini di dasarkan pada dalil-dalil yang qath’i. Allah SWT, misalnya berfirman:

“Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah.” (TQS Yusuf: 40).

Ini dari segi kedaulatan. Adapun dari segi kekuasaan, Islam menetapkan bahwa kekuasaan berada di tangan rakyat (As-Sulthan li Al-Ummah), hampir sama dengan demokrasi. Namun, diantara keduanya ada perbedaan. Dalam demokrasi kekuasaan diberikan kepada wakil-wakil rakyat untuk membuat hukum. Sebaliknya, di dalam Islam, kekuasaan diberikan oleh rakyat kepada penguasa (Khalifah) untuk menjalankan hukum, yakni hukum-hukum Allah SWT atau Syariah Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Pertanyaannya adalah; apakah kita akan tetap percaya pada demokrasi yang sudah jelas melenceng dari aturan-aturan Allah? atau kita akan kembali kepada Islam dengan menyerukan bahwa Syari’ah dan Khilafah adalah satu-satunya jalan perubahan yang hakiki?

Bukankah Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an:

“Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?” (TQS. Al-Maidah: 50)

Oleh karena itu, sudah saatnya kita berjuang bersama untuk kembali menegakkan Syari’ah dan Khilafah. Dengan mengikuti metode yang telah dilakukan Rasulullah SAW ketika beliau berhasil mendirikan Daulah Islamiyah di Madinah. Yakni:

  • Pertama     :  Tahap pembinaan dan pengkaderan (Marhalah Tatsqif wa Takwin)
  • Kedua         : Tahap interaksi dengan ummat (Tafa’ul ma’a Al-Ummah), yang di dalamnya ada aktivitas pergolakan politik (Al-Kifah As-Siyasi), dan perang pemikiran (Shira’ Al-Fikri)
  • Ketiga         :Tahapan penerimaan kekuasaan (Istilam Al-Hukmi) melalui dukungan Ahlun-Nushrah. Dengan itulah terwujud sistem pemerintahan Islam, yakni Khilafah Islam.

Insya’ Allah, dengan mengikuti metode yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW ini, Khilafah Islam akan kembali tegak di tengah-tengah kehidupan kita. Dan akan menyinari dunia ini dengan cahaya Allah yang berupa perdamaian dan kesejahteran. Insya’ Allah.

و الله أعلم بالصواب

[ Muhamad Lutfi]

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Penting Dibaca

Prediksi Kekuatan Militer Negara Khilafah

Jangan Tertipu dengan Kenikmatan Dunia!

Islam Menjawab Segala Problema

Find Us on Facebook

%d blogger menyukai ini: